Tips Membuat Tidur Bayi Tidak Terganggu Suara Berisik

Tidur bayi itu sensitif, ada suara keras sekilas langsung terbangun dan menangis. Ketenangan menjadi kunci agar si kecil bisa tidur nyenyak lebih lama.


Jika tidurnya lebih lama, sebagai orang tua, bisa mengerjakan hal lain. Mencuci pakaiannya ataupun memasak.

Trik kecil yang bisa dicoba

Ketika kita berhasil mengontrol ketenangan di dalam rumah, ehh, suara gedebam-gedebum malah ramai di luar.

Bayipun terganggu.

Nangislah dia.

Gendong lagi sampai pulas boboknya.

Gangguan berisik seperti itu memang mengesalkan. Terus kitapun tidak bisa berbuat banyak, misalnya di sebelah rumah sedang ada perbaikan jalan.
Pasti berisik.


Dan inilah hasil eksperimen saya

Waktu itu saya berhasil menidurkan si kecil, raut wajahnya tenang, entah mimpi indah apa si dia. Jika sudah begini, tidurnya pasti agak lama.

Eh...
Baru lima menit merasa bebas, ada orang teriak-teriak di luar rumah.

Mending suaranya merdu, ini cempreng nan ngeselin lho.

Hadeh...
Si kecil malah ikutan teriak.
Kencang juga.

Terpaksa gendong lagi.
Nyanyi sampai dia tertidur.

Entah berapa kali kena situasi ini.

Putar otak dong. Gimana caranya agar si kecil tidak terganggu suara berisik dari luar pas sedang mimpi indah.

Dan ketemu...

Saya putarkan musik pelan, seperti musik klasik atau tradisional. Musik yang menenangkan pikiran saya pilih.
Suaranya mengalun lembut di speaker.

Ya...
Cara ini terbukti efektif.

Walaupun di luar masih ada suara-suara sumbang, tidak terlalu digubris olehnya. Lebih tenang si baby pas bobok.


Putar dengan suara pelan

Musiknya saya putar pelan, volumenya normal, yang penting si kecil merasa nyaman. Kalau agak keras, si dia malah ga mau memejamkan mata.

Setiap kali dia mau tidur, pasti saya putarkan musik.

Kalaupun ada suara motor yang masuk rumah, si dia ga peduli. Kesibukannya di dunia mimpi sama sekali tidak terganggu.
Sayapun jadi enak.

Akhirnya bisa melakukan aktivitas lain.

Ketika masih bayi, anak harus terus diawasi, digendong dan dibuat nyaman. 

Peluang melakukan aktivitas adalah ketika dia tidur. Inilah kesempatan untuk mencuri waktu demi melakukan kegiatan lain.
Bekerja contohnya.

Saat dia tidur, mulailah jari-jari ini sibuk bergerak lincah di keyboard, mengetik kata demi kata, sehingga tercipta sebuah artikel.

Ya..
Saya hobi nge-blog.

Kok pilih nge-blog sih?

Alasannya sederhana, biar saya lebih produktif. 

Mengasuh bayi perlu fokus lebih, jadi tidak bisa melakukan pekerjaan di luar rumah. Otakpun berpikir apa yang bisa dilakukan mengisi waktu kosong ketika anak tidur.
Meletuplah ide menulis.

Dan saya tekuni terus.

Apalagi menjadi blogger bisa mendapatkan penghasilan. Memang sih belum seberapa, setidaknya saya produktif dan masih bisa menghasilkan uang dari pekerjaan sampingan ini.

Pas si baby tidur diiringi musik lembut, saya langsung beraksi. Menulis dan menuangkan ide ke dalam bentuk tulisan.
Rasanya menyenangkan lho.

Daripada waktu dihabiskan hanya untuk nonton video, mending saya gunakan kuota dan kesempatan ini untuk menulis.
Blogpun jadi lebih ramai sekarang.

Inilah bonus yang saya peroleh sembari mengasuh si kecil. Ketika dia tidur pulas, saya selalu berduaan dengan laptop.
Saat dia bangun dan haus, blog ditinggalkan dulu dan buat dia senang.

Blog adalah pekerjaan sampingan.

Saya ada pekerjaan utama.

Mengingat saya orangnya tidak bisa diam, jadilah waktu luang dimanfaatkan untuk menulis dan menulis.
Yang untung juga saya.

Mendapatkan keuntungan ganda

Suara musik lembut membuat anak tidur lebih tenang tanpa terlalu terganggu suara menghentak dari luar.
Istirahatnya pulas dan lelap lebih lama.

Saya pun senang.

Terus ada waktu luang.

Saya manfaatkan untuk menulis, mengelola blog. Dan dua keuntunganpun diperoleh.
  • Pertama adik tidur tenang
  • Kedua, saya bisa melakukan pekerjaan sampingan

Dari tidur si kecil yang lebih tenang, akhirnya produktivitas bisa meningkat. Coba jika si dia sedikit-sedikit bangun dan menangis.
Pusing kan jadinya...

Untunglah saya melakukan eksperimen musik ini.

Kebetulan di rumah ada speaker.

Saya manfaatkan saja.

Apalagi cari lagu sangat mudah. Youtube selalu menjadi pelarian yang tepat. Musik klasik biasanya menjadi pilihan utama.
Atau musik saxophone.

Nadanya lembut.

Bikin baby tenang.

Kehadiran speaker membuat suara musik bisa lebih luas jangkauannya, jika dibandingkan hanya diputar lewat smartphone.
Speaker lebih berasa suaranya.

Apalagi sekarang banyak speaker bluetooth.
Seratus ribuan ada.

Suaranya sudah oke.

Koneksi ke perangkat ini lebih mudah. Tidak perlu kabel, pakai jaringan nirkabel dan musik terputar merdu.
Silahkan cek di internet untuk harga selengkapnya.

Nah, itulah pengalaman saya membuat tidur bayi lebih pulas dan aman dari godaan suara berisik yang membuat istirahatnya terganggu.
Semoga membantu ya


Baca juga ya :

Post a Comment for "Tips Membuat Tidur Bayi Tidak Terganggu Suara Berisik"