Jangan Biarkan Laptop/PC Tidak Hidup Terlalu Lama

Bagi anda pemilik laptop atau personal computer (PC)/ desktop, jangan biarkan alat ini menganggur terlalu lama.
Atau tidak dihidupkan dalam rentang waktu yang agak panjang.



Gadgetnya bisa terkena masalah.
Ga mau kan?


Seperti ini masalahnya
Masalah yang muncul ketika anda tidak pernah menghidupkan perangkat ini, misalnya tidak dihidupkan selama seminggu atau dua minggu maka akan timbul bunyi seperti "tiiiiiiiittttt".
Ya kira-kira begitulah bunyinya.




"Ada bunyi tiiiiiittttt yang 
tidak enak didengar"





Bunyi yang timbul ini memang tidak enak didengar dan bukan hanya bunyi masalah satu-satunya. Masih ada lagi tambahan masalah yaitu dilayar bahkan tidak muncul gambar ataupun secercah cahaya sama sekali.
#Tombol-tombol pada keyboard komputer yang jarang digunakan


Pengalaman dua kali kejadian

Tidak tanggung-tanggung, dua kali saya mengalami kejadian seperti ini.


Kejadian pertama, terjadi pada PC


Pertama ketika pulang kampung ke Bali dari Jogja (saya kuliah di Jogja dulu), PC saya telantarkan selama dua minggu.

Dan ketika sudah balik, saya coba hidupkan.
Eh dia ngambek...
Marah tidak dirawat selama itu..

Yang hanya terdengar hanyalah timbul bunyi tiitt dan tidak ada tanda-tanda kehidupan di layar.

Waduh...
Gawat nih...

Untung ada teman yang ahli, dia mengatakan RAM atau memorinya harus dicabut dan bersihkan.

Saya bongkar CPU, mencabut RAM-nya.
Tidak lupa dibersihkan sebentar dengan kain halus.

Setelah itu dicantelkan lagi pada rumahnya.

Tapi sebelumnya jangan lupa bahwa kondisi CPU harus dalam kondisi "off/mati" dan kabel powernya juga harus dicabut. Setelah ram dipasang kembali, barulah CPU dihidupkan lagi..

Komputerpun saya hidupkan dan jreennnggggg....
  • bunyi tiiittt kabur dan tidak pernah menampakkan batang hidungnya lagi
  • layar pun tampil seperti biasa dan bisa digunakan untuk bermain game lagi, hehehe..
#Kenapa orang-orang betah bermain game??



Kejadian kedua, terjadi pada laptop


Kemudian yang kedua adalah laptop. Adik saya nitip laptop karena ia akan keluyuran ke luar kota dalam waktu lama.

  • Laptop tersebut lupa saya hidupkan lebih dari seminggu
  • Ketika dinyalakan, timbul bunyi yang sama, tiiitt. 
  • Kemudian saya matikan lagi laptop-nya dan dihidupkan kembali. Untungnya laptop berfungsi dengan baik kembali.
Kesimpulan
Jadi berdasar pengalaman itu, saya tidak pernah lagi membiarkan laptop terlalu lama menganggur dan kebanyakan saya pakai untuk aktivitas nge-blog ini..

Atau paling lama laptop tidak saya hidupkan selama 3 hari dan itupun sangat jarang terjadi. Karena hampir setiap hari laptop saya on dan memang harus hidup agar saya bisa menulis dan mencari penghasilan lewat internet...
😁😁

So.. don't let your computer sleeps to long ya!!!!



18 comments for "Jangan Biarkan Laptop/PC Tidak Hidup Terlalu Lama"

  1. sama tuh kasusnya,Kalau Laptopnya gak bisa dinyalakan lagi kira2 apanya yg rusak ya?
    Mohon infonya.

    ReplyDelete
  2. Makasih udah mau bagi2 pengalaman . . .
    ini bisa buat jaga2 , biar nanti lebih hati2 . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, biar laptop awet dan tidak cepat rusak..

      Delete
  3. kalau seandainya ram di pc terus dicabut ketika pc tersebut meyala, kira2 kenapa ya.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. PC harus dimatikan dulu mas dan kabel powernya juga dicabut,
      setelah itu barulah ram dicabut dan dibersihkan,
      kemudian pasang lagi ke cpu. nah siap dihidupkan dah lagi PC nya..

      Delete
  4. alhamdulillah, belum pernah kejadian seperti itu...paling lama mati 3 hari...btw makasih infonya

    ReplyDelete
  5. Mas mau nanya, laptop saya habis di gadaikan kurang lebih 3 bulanan, laptop saya gak bisa di nyalain. Oh ya, pas saya gadaikan posisi baterai saya di cabut

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin pas digadai jarang hidup mas,,
      coba deh bawa ke service dulu, biar tahu masalahnya dimana..

      Delete
  6. mau nanya gan lptop asus sya udh lma ga diidupin,,kasusnya persis kya punya agan,,gmna solusinya ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dimatikan dulu, kemudian hidupkan lagi. Biasanya sih mau normal seperti pengalaman saya.

      kalau tidak mau normal, solusinya dibawa ke orang yang ngerti laptop atau tukang reparasinya..

      Delete
  7. loptop saya menyala bila belakangnya harus dipanaskan diatas kompor terlebi dahulu bila dalam keadaan dingin laptop tidak mau menyala sedikit pun

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, tumben saya dengar yang seperti ini mas..
      hehehe..

      Delete
  8. Dari analisa saya mengenai kasus ini ada pengecualian untuk laptop. Laptop bisa bertahan dalam kondisi mati selama 1 bulan tanpa daya listrik sama sekali. Syaratnya adalah sebelum laptop dimatikan, pastikan baterai laptop terisi penuh 100%. Jika sudah penuh maka silahkan dimatikan dan diamkan selama 1 bulan lalu hidupkan kembali. InsyaAllah laptop akan tetap bisa hidup kembali seperti biasanya. Tetapi baterai pada laptop pasti akan ada pengurangan daya karena harus mensuplay daya untuk baterai cmos selama 1 bulan penuh tanpa arus listrik yang masuk.

    Pengalaman ini saya alami sendiri dengan laptop merek lenovo pabrikan tahun 2012 dan masih awet hingga sekarang meski sudah jarang saya hidupkan karena sudah ada gantinya~

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih banyak untuk informasi mas..
      bisa menjadi referensi jika ingin menyimpan laptop dalam jangka waktu lama..

      Delete
  9. Laptop saya sudah lama nggak digunakan, mati nggak bisa hidup + di cas nggak masuk
    Kenapa yaa? Solusinya dongg

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba bawa ke tukang servis, biar tahu alasan lebih detilnya

      Delete