Mengirim Dokumen Dengan Cepat dan Mudah

Kemajuan dibidang internet semakin memudahkan kita dalam mengirimkan file atau dokumen dalam waktu yang sangat singkat. Saya sendiri sudah merasakan manfaat yang luar biasa dari kehadiran internet.



Tidak perlu menunggu sampai besok, file yang dikirim detik ini langsung sampai di tempat tujuan. Tidak peduli jaraknya sejauh apapun..

Keren banget kan?

Misalnya kita mau mengirim file kepada teman dilain pulau atau bahkan ke luar negeri, sangatlah mudah prosesnya.

Contohnya saya :
  • Kemarin saya mau melengkapi data untuk membuat akta pernikahan dan juga kartu keluarga. 
  • Saya membuatnya di Kabupaten A dan ketika itu ada salah satu dokumen, yaitu akta lahir saya, belum ada. Akta lahir harus ada sebagai salah satu syarat pembuatan. 
  • Nah, akta lahir saya ada di Kabupaten B yang ditempuh dengan motor kurang lebih 2,5 jam. 
Malas banget kan kalau cuma mau mengambil akta menempuh perjalanan 2,5 jam.

Jadi saya meminta ayah, yang kebetulan berada di kabupaten B, untuk men-scan akta lahir dan langsung mengirimkannya lewat email (dikirim lewat facebook juga bisa). Dalam hitungan detik, file akta lahir sudah nampak di depan mata.

Kemudian diprint dan semua syarat pun terpenuhi.

Mudah sekali dan tidak perlu menunggu sampai kopi dingin, cepat dan dalam sekejap sudah diterima tanpa biaya. Paling biaya kuota saja kok..!!


Cerita lain


Kali ini proses pengiriman file dibantu oleh facebook. Iya, selain berfungsi sebagai tempat bercerita dengan teman-teman yang jauh, media sosial ini juga jago dalam mengirimkan sebuah file ke ujung dunia manapun.

Asalkan filenya sudah discan ya!!


Ga tahu cara scan yang cepat?
Difoto juga bisa kok..

Tinggal gunakan kamera pada smartphone yang memiliki resolusi cakep, jepret dan bisa dikirimkan lewat facebook. Mudah sekali kan?

Jadi begini..

Kebetulan ada adik yang tinggal di Yogyakarta, ia sedang kuliah disana dan kami di pulau lain. Bapak ternyata memerlukan file yang berhubungan dengan kuliahnya. Mau menunggu mengirim fotokopian dari sana pastinya luama banget kan?

Alhasil si adik pun segera bertindak dengan men-scan file tersebut dan langsung menyerahkan tugas pengiriman kepada facebook.

Setelah ia memencet tombol kirim, file itu langsung muncul dihadapan saya.

Langkah selanjutnya, file tersebut saya download dan ngacir ke tukang print di dekat rumah untuk segera di cetak. Selesai!!

File tersebut sudah siap digunakan dan jadi dalam hitungan menit. Tidak perlu menunggu berhari-hari jika harus dikirim dengan cara biasa.

Kesimpulan

Banyak hal yang dimudahkan jika sudah bersentuhan dengan internet, tidak terkecuali urusan berkirim file. Jarak yang dekat dan jauh dilibas dalam waktu sama dan biaya yang diperlukan sangat murah.

Asalkan file yang dikirim sudah dalam bentuk "soft-copy".

File dengan tipe seperti inilah yang bisa dikirim lewat dunia maya, baik dengan bantuan email ataupun facebook.

Gampang sekali bukan?
Mudah-mudahan pengalaman saya ini bisa membantu teman-teman semua ya.


Baca juga :

Post a Comment for "Mengirim Dokumen Dengan Cepat dan Mudah"