Manfaat Ijazah SMA Ketika Mau Lulus Kuliah

Ketika pertama kali akan menginjakkan kaki di bangku kuliah, tidak pernah terpikir apakah ijazah SMA ini akan dipakai.



Tapi berkat saran dari teman dan guru, sebaiknya bawa saja kopian ijazah SMA  yang sudah di legalisir, untuk jaga-jaga siapa tahu nanti dipakai.

"Siapa tahu nanti dipakai"

Untuk mendaftar kuliah, ijazah SMA memang sangat diperlukan, tapi yang akan saya ceritakan sekarang adalah ketika proses kuliah sudah mau selesai.

Ketika saya sudah mau lulus..

Beruntung saya menuruti saran teman dan guru, kemudian beberapa lembar legalisir ijazah SMA saya kemas untuk dibawa serta ke tempat dimana melanjutkan belajar, yaitu Jogjakarta.

Saya sendiri berasal dari Bali dan pergi naik bis selama 18 jam agar bisa menempuh pendidikan disana.

Sangat dekat jika naik pesawat..

Setelah mau selesai kuliah

Singkat cerita saya sudah mau ujian skripsi dan disinilah saya merasa beruntung telah membawa beberapa lembar kopian ijazah yang sudah dilegalisir.

Selama 4 tahun legalisir ijazah SMA ini terpaku dan terkurung dalam map, akhirnya ia bisa merasakan udara segar dan siap beraksi lagi untuk saya.

Waktu itu saya akan mendaftar untuk ujian skripsi atau untuk kelulusan saya (Maaf saya agak lupa di ujian skripsi atau kelulusan yang memerlukan ijazah SMA).

Pokoknya..

Saya diminta untuk mengumpulkan kopian ijazah SMA yang sudah dilegalisir. Untungnya saya bawa dan tidak perlu harus menyuruh orang tua mengirimkannya dari rumah.

Asyikk..

Bagaimana jika tidak membawa dan ternyata belum dilegalisir juga? Wah urusannya tambah ribet nantinya..

Akhirnya saya pun bisa melengkapi persyaratan untuk ikut ujian skripsi atau kelulusan. Prosesnya pun berlangsung lancar dan saya berhasil menyelesaikan persyaratan administrasi dengan baik.

Sekarang tinggal menunggu saat wisuda saja dan untuk mengisi waktu liburan, menonton film sampai puas di kos adalah pilihan yang menarik.. :)

Tips ampuh

Mungkin ada baiknya jika pertama kali akan kuliah :
"untuk membawa beberapa lembar kopian ijazah SMA yang sudah dilegalisir"
Apalagi kalau rumah dan tempat kuliah jauh seperti yang saya alami. Siapa tahu nanti akan dipakai untuk keperluan kuliah.

Mungkin setiap kampus memiliki aturan masing-masing, tapi tidak ada salahnya juga jika kita membawa kopian ijazah yang sudah dilegalisir tersebut.

Sehingga ketika diperlukan kita sudah siap dengannya.


****************

Nah semoga bermanfaat ya..


Post a Comment for "Manfaat Ijazah SMA Ketika Mau Lulus Kuliah"