Belajar Menguasai Dua Bahasa Asing Sekaligus

Mahir berbahasa asing di jaman modern sangat penting, terutama bahasa inggris. Bahasa ini menjadi materi wajib bagi para pelajar mulai dari SD. Bahkan di beberapa sekolah, bahasa asing lain pun diajarkan.


Semakin dini mengenal suatu bahasa asing, sangatlah bagus bagi pelajar. Tetapi bagi anda yang sudah bekerja dan ingin menguasai bahasa asing lainnya, cara ini bisa dicoba.

Menguasai dua bahasa sekaligus

Ketika pertama kali mempelajari suatu bahasa asing, pasti sulit, aneh dan membingungkan. Tapi jangan keburu menyerah, seperti kata pepatah "All beginning is difficult".

"Semua permulaan itu memang sulit".

Misalnya anda ingin mempelajari bahasa perancis dan bahasa jepang, maka siapkanlah masing-masing satu buku untuk setiap bahasa. 
Belilah buku yang berhubungan dengan percakapan sehari-hari, karena buku seperti ini sangat mudah dipelajari.

Baca bukunya bergantian, misalnya sekarang buku bahasa perancis, besok yang bahasa jepang. Lakukan  bergantian setiap hari dan latih terus sampai akhirnya anda jatuh cinta dengan bahasa ini.

Cocok bagi yang tidak ingin kursus

Cara ini saya formulakan bagi anda yang sibuk bekerja dan tidak ingin membuang uang untuk kursus. Tapi kalau anda memang harus segera menguasai bahasa asing ini untuk keperluan kerja, sangatlah baik jika dibarengi dengan kursus.

Language
Language


Karena tidak diharuskan bisa menguasai kedua bahasa ini, saya menggunakan cara membaca buku bergantian seperti diatas. 
Hari ini membaca bahasa jepang dan besok membaca bahasa perancis.

Sembari bekerja saya curi waktu membaca buku-buku ini sebentar dan benar-benar tanpa target apapun. Saya hanya ingin setidaknya bisa berkomunikasi dengan baik ketika ada orang-orang jepang atau perancis berkunjung ke kampung saya, Bali.

Melakukan terus

Kegiatan ini terus saya lakukan setiap hari dan kadang waktunya bisa 10 menit, 15 menit dan hampir tidak pernah menyentuh sejam.  Ya ini karena saya juga bekerja dari pagi sampai malam, cara belajar mencicil seperti ini sangatlah efektif.

Setiap ada waktu kosong, saya akan mengambil buku tersebut dan membaca sambil menghafal beberapa kata-kata. 
Bukan hanya buku yang digunakan, sayapun menginstal aplikasi bahasa jepang dan perancis di smartphone dan bisa dipelajari di manapun dan kapanpun.

Mengapa sih harus dua bahasa sekaligus?

Awalnya saya hanya mempelajari bahasa jepang, itupun cuma pengucapan kata-katanya saja dalam huruf romawi (kalau huruf hiragana, katakana dan kanji saya tidak bisa). Jadi di sini yang saya pentingkan hanya bisa berbicara saja.

Setelah beberapa lama akhirnya tertarik belajar bahasa perancis, mengingat paman saya sering membawa tamu perancis. Tergeraklah untuk belajar demi bisa berkomunikasi walaupun sedikit. 

Akhirnya sayapun memberanikan diri mengorbankan uang didompet beberapa puluh ribu.

Hasilnya sayapun membaca kedua buku tersebut bergantian dan ternyata sangat menyenangkan juga belajar dua bahasa ini sekaligus. Kalau harus menunggu saya bisa bahasa jepang sampai mahir kemudian baru belajar perancis, rasanya sangat lama dan mungkin akan tidak pernah. 

Takutnya bahasa perancis tidak pernah saya sentuh, jadi solusinya adalah belajar keduanya sekaligus.

Ini karena saya jarang berkomunikasi dengan bahasa jepang dan otomatis kemampuan bahasa inipun tidak berkembang dengan pesat. Cara tercepat mempelarinya suatu bahasa adalah berkomunikasi dengan orang-orang yang menggunakan bahasa yang sedang dipelajari.

Menjadi kecanduan

Karena ingin segera bisa dua bahasa ini, akhirnya sayapun mengkombinasikan keduanya. Hari ini belajar bahasa perancis dan besoknya belajar bahasa jepang, terus seperti itu. Ya, mudah-mudahan nanti saya akan segera bisa menguasai kedua bahasa ini dengan baik. 

Setiap ada waktu luang, pasti saya baca bukunya.

Dengan harapan saya bisa berkomunikasi dengan tamu-tamu asing yang datang berkunjung ke Pulau Bali dengan baik dan lancar. 
Bagaimana dengan bahasa inggrisnya? Kalau itu sih sudah saya bisa dan sudah sering memakainya, 😁

Menggunakan youtube

Ini yang paling keren sekarang, belajar bahasa asing lewat youtube. Youtube menjadi sarang video bermutu yang jumlahnya jutaan.
Termasuk belajar bahasa asing.

Saya menggunakannya untuk mendengarkan percakapan, belajar grammar dan menambah kosakata.
Lengkap sekali.

Lagian youtube sudah ada di smartphone dan mudah dibawa kemana-mana.
Tidak ribet seperti harus membawa buku.

Nah...
Silahkan ubek materinya di sini.
Sangatlah menyenangkan.

Jika setiap hari bisa menonton video bahasa asing 10-15 menit, pastinya sangat bagus dan semakin cepat paham dengan bahasanya.
Selamat mencoba ya!!


Baca juga ya :

Post a Comment for "Belajar Menguasai Dua Bahasa Asing Sekaligus"