Inilah Pesta yang Datang Setiap 5 Tahun Sekali

Memang betul para pembaca semuanya, pesta kali ini datangnya setiap 5 tahun sekali dan dirayakan oleh seluruh masyarakat di negara kita tercinta, Indonesia.

Pesta ini sangatlah penting bagi kita karena akan menentukan siapa pemimpin negara kita selanjutnya.



Betul sekali, pesta ini adalah pesta demokrasi Indonesia yaitu pemilihan presiden.

Jadi bukan pesta makan-makan ya..😁

Ini adalah pesta dimana kita menyalurkan aspirasi dan pilihan untuk menentukan presiden Indonesia selama 5 tahun ke depan.

Presiden di negara kita dipilih langsung oleh rakyat setiap 5 tahun sekali melalui pencoblosan di TPS (Tempat Pemungutan Suara) masing-masing.

Bagi warga masyarakat yang umurnya sudah bisa untuk ikut berpartisipasi, maka sebaiknya gunakan hak pilihnya untuk menentukan presiden kita berikutnya yang akan membawa Indonesia menuju kemakmuran.

Setuju?
Mari kita semarakkan pesta ini dengan ikut di dalamnya dan gunakan hak pilih dengan baik serta disertai dengan hati yang tenang dan damai untuk tetap menciptakan suasana tentram dan bahagia di masyarakat.

Perlu diingat bahwa untuk menjadi presiden di negara kita hanya boleh  2 kali periode, satu periode lamanya 5 tahun.

Jadi, hari pemilihan selalu diliburkan agar para pemegang suara bisa menyalurkan pilihan ditempat yang sudah disediakan.

Selamat liburan sekaligus memilih pemimpin ya..

Dan bukan hanya presiden saja..

Setiap kepala daerah, baik itu bupati, walikota dan gubernur juga akan dipilih setiap 5 tahun sekali dan warga di daerah yang bersangkutan libur.

Mereka diharapkan hadir ke TPS.

Tapi waktunya beda-beda..

Tidak seperti pemilihan presiden yang dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia dalam waktu dan hari yang sama.

Misalnya anda adalah penduduk di suatu daerah, maka pesta demokrasi yang dilakukan setiap 5 tahun sekali terjadi 3 kali.

Kok bisa?

  • Pertama memilih bupati/walikota
  • Kedua memilih gubernur
  • Ketiga memilih presiden
Jadi setidaknya ada tiga kali pesta lima tahunan yang dijumpai dan pastinya diliburkan agar bisa memilih ke TPS.

Baca juga :

Post a Comment for "Inilah Pesta yang Datang Setiap 5 Tahun Sekali"