Ayo Ketahui Beda Teh Dan Kopi

Kopi dan teh merupakan dua minuman yang sering sekali dikonsumsi oleh para penduduk dunia dan bahkan boleh dibilang sudah menjadi gaya hidup.

Seperti yang ada di Jepang, minum teh pun ada upacaranya.



Dan sekarang, berbagai macam kafe muncul dengan menu utama kopi yang disajikan dalam berbagai macam rasa dan hiasan menarik.

Hiasan?

Ya, sudah pernah melihat kopi yang diatasnya diisi lukisan bunga, binatang atau bentuk-bentuk lainnya?

Hiasan ini boleh diminum kok dan dinamakan "latte art".
Coba deh perhatikan, unik banget lho..


Bedanya

Setelah setiap hari menyeruput kedua jenis minuman ini, apakah para pembaca sudah menyadari beberapa perbedaan yang melekat di keduanya?

Kalau belum, mari ayo kita simak dibawah ini :


1. Warna

Inilah perbedaan utama yang bisa dilihat dari teh dan kopi.

Teh kebanyakan berwarna coklat agak kemerahan dan kopi tentu warnanya hitam (kebanyakan berwarna hitam, karena sekarang sudah banyak sekali jenis kopi seperti kopi susu, kopi putih dan lainnya).



2. Sumber

Teh dihasillkan dari daun tanaman teh sedangkan kopi dihasilkan dari biji tanaman kopi. Daun dan biji adalah perbedaan dasar dari kedua minuman ini.



3. Teknik penanaman

Kalau teh cenderung antar pohon ke pohon sangatlah rapat dan kalau dilihat dari jauh seperti bentangan karpet hijau yang luas.

Kalau berkesempatan berkunjung ke kebun teh, coba deh perhatikan.

Dan tanaman kopi tidak bisa di tanam rapat-rapat karena memiliki dahan serta ranting yang panjang. Ia ditanam dengan jarak agak lebar supaya pohonnya bisa berkembang dengan baik.



4. Ukuran tanaman

Teh memiliki ukuran yang pendek jika dibandingkan dengan kopi. Tanaman kopi akan tumbuh tinggi dengan cabang yang kemana-mana.



5. Kehalusan serbuk

Serbuk kopi itu sangat halus dan serbuk teh cenderung memiliki tekstur yang lebih kasar. Bahkan teh di beberapa kemasan merupakan potongan kasar dari daun dan batangnya.



6. Ada ampas atau tidak

Kopi jika diseduh biasa akan menyisakan ampas yang menempel pada bagian bawah cangkir, sedangkan teh tidak ada ampas karena sudah disaring ketika menyeduhnya.

Sekarang sudah banyak kopi yang tidak ada ampasnya, seperti menyeduh kopi yang berbentuk sachet dan bisa dibeli di warung-warung dekat rumah.

Mudah dijumpai

Kedua jenis minuman ini sangat mudah sekali dijumpai pada berbagai toko dan juga warung.

Yang siap saji dalam botol pun sudah tersedia. Tinggal relakan beberapa ribu saja kepada kasir, minuman inipun siap membasahi kerongkongan.

Segar..
Apalagi ketika panas-panas minum teh dingin...

Penyeduhan kopi pun gampang, tinggal beli yang bentuk sachet, mau isi susu atau kopi asli, tuangkan air panas dan silahkan dinikmati.

Harga per-bungkus murah kok..

Ada satu tambahan lagi..

Diatas sudah dijelaskan 6 perbedaan dari kopi dan teh, tapi kedua minuman ini memiliki satu persamaan.

Apa itu?

Minuman ini bersifat deurektik. 
Maksudnya?
Bagi yang meminumnya akan mudah kencing..


Baca juga :

Post a Comment for "Ayo Ketahui Beda Teh Dan Kopi"