Cara Membuat Halaman Rumah yang Hijau

Rumah dengan pekarangan hijau menjadi dambaan bagi semua orang. Halaman hijau memancarkan kesejukan dan melipatgandakan kenyamanan untuk tinggal didalamnya.

Semakin betah berada di rumah sendiri..


Jika kita berkunjung ke suatu rumah yang menyajikan halaman lega, dihiasi dengan tumbuhan menarik, hati senang kan?

Adem rasanya..

Melakukan berbagai kegiatan disana pastilah sangat menyenangkan dan pemandangan seperti ini semakin mempertebal bahagia di hati.



Ayo buat di rumah

Walaupun lahan terbatas, masih banyak kok yang bisa dilakukan demi mendapatkan pemandangan yang hijau di halaman. Dengan kreativitas, semuanya bisa diwujudkan...

Berikut adalah cara untuk menjadikan halaman rumah menjadi lebih hijau :


1. Tanami dengan tanaman hias

Tanaman hias ini mudah dibeli, disekitar tempat anda pasti ada saja yang menjualnya kan?? Harganyapun sangat terjangkau.

Contoh tanamannya :

  • Bunga
  • Cemara kecil
  • Atau tumbuhan jenis lain..

Bagi anda yang mempunyai lahan kecil, tumbuhan yang irit lahan bisa dicoba dan pilih ditempat penjualan. Silahkan cari pohon mana yang paling cocok dengan kondisi halaman, jangan memilih tanaman besar seperti pohon buah.


Ini kurang cocok..

Tempat yang dilahap banyak dan akarnya ketika besar bisa menimbulkan masalah.

Tembok pembatas rumah atau bahkan tembok rumah bisa disenggol sehingga membuatnya bangunan terangkat. Ini mesti dihindari demi mencegah kerusakan yang lebih besar dan kitapun terhindar dari biaya yang tidak perlu.

Untuk halaman kecil, pilihlah tanaman dengan akar serabut.

Tanaman seperti ini tidak berpotensi merusak.

Akar-akarnya yang kecil tidak sanggup mengganggu tembok rumah, sehingga jauh lebih aman dan pas menghiasi halaman.

Disekitar tembok pembatas rumah, bisa dijejerkan beberapa tanaman ini dan biarkan tumbuh subur. Lama kelamaan suasana hijau pasti mekar disekitar rumah.. Silahkan bereksperimen demi mendapatkan hasil yang terbaik.


2. Rumput

Daripada semua halaman  ditanami beton atau semen, mending selimuti dengan rumput. Hanya jalan utama saja yang dibeton. Rumput membuat rumah menjadi lebih sejuk karena tidak memantulkan panas seperti yang dilakukan beton.

Pilihannya juga banyak..
Ada rumput mutiara, rumput jepang dan lainnya.

source : pixabay

Nah, contohnya seperti gambar diatas..
Keren kan??

Tidak semua lahan dilapisi beton, jalannya malah menggunakan material kayu biar terkesan lebih alami. Warna hijau yang dipancarkan rumput ternyata mampu menghadirkan kenyamanan yang tiada tara di hati.

Mau??

Silahkan coba mampir ke penjual tanaman hias, biasanya mereka juga menjual rumput untuk mendandani halaman.

Dengan sedikit usaha dan kreativitas, tampilan pekarangan semakin ciamik dan menawan. Yang diuntungkan adalah kita sendiri. Kok rasanya betah banget berada di rumah, belaian warna hijau rumput membuat hati semakin senang..



3. Pohon

Ini cocok banget untuk rumah yang memiliki halaman lapang.. Kehadiran pohon besar membuat suasana semakin adem, rindang, sejuk dan jauh dari kata panas..

Contoh tanamannya seperti mangga.

Selain menyejukkan, juga bisa mendatangkan buah yang manis dan enak dimakan.
Nah lho, keuntungan semakin berlipat kan?

Jika pas musimnya, buah yang dihasilkan banyak, kita juga bisa menjualnya dan mendapatkan pemasukan tambahan yang menggiurkan. Sekali menanam, beberapa keuntungan langsung digenggam.

source ; pixabay
Bentangan cabangnya yang melebar kemana-mana mampu menghadirkan suasan teduh, teduh menghadirkan rasa nyaman, nyaman mendatangkan bahagia..

Namun, jika pohon ini dekat atap rumah, mesti rajin-rajin dirawat.

Cabang-cabangnya yang tinggi dan menutupi atap rumah mesti sering dipotong. Tujuannya mencegah batangnya patah dan malah menghantam atap yang pastinya menghadirkan kerugian bagi kita.



Ditanam agak jauh dari rumah



Karena itulah pohon besar seperti ini harus ditanam pada lahan pekarangan yang luas dan usahakan agak jauh dari rumah, sehingga tidak ada bagian-bagian cabangnya yang menggelayut di atas atap.

Kitapun merasa lebih aman ketika beristirahat didalamnya tanpa dihantui rasa takut ada batang pohon yang nyelonong masuk dari atas..

Apalagi jika suasana hujan..

Hujan tidak datang sendirian, ia pasti mengajak kawan karibnya, yaitu angin. Kombinasi dan kerjasama keduanya sanggup membuat pohon mabuk, bergoyang kesana-kemari yang memperbesar peluang cabangnya patah..

Pengaturan jarak yang pas menjadi kunci untuk menghadirkan kenyamanan serta keselamatan kita tinggal di rumah.


Kesimpulan

Cara terbaik menghadirkan suasana hijau di pekarangan rumah memang menjejalinya dengan aneka tumbuhan hias..



Contoh tumbuhan yang bisa dicoba :
  • Bunga
  • Rumput
  • Atau tanaman buah seperti mangga 


Jangan lupa sesuaikan ukuran halaman ya!!

Tanaman besar seperti mangga tentu kurang pas jika ditanam pada halaman kecil, pilihkan tumbuhan mini tapi mampu menghadirkan suasana hijau juga..

Silahkan coba dan coba, tanaman mana yang paling pas mejeng dan nongkrong di pekarangan. Main deh sering-sering ke dagang bunga dan silahkan pilih tumbuhan mana yang pas menghiasi rumah sehingga suasana hijau mekar disana.


Baca juga ya :

5 comments for "Cara Membuat Halaman Rumah yang Hijau"

  1. weh luung ne, ijo2. bisa ni besok klo punya rumah ~ menghayal.com

    ReplyDelete
  2. @dama purnama : raga kal ketaang masi pas ngae umah.. hahahaha...

    ReplyDelete
  3. Pengen tuh pny rumah yang hijau. Seger dan terasa sejuk

    ReplyDelete
  4. Benar kata bli Eka, pepohonan besar akarnya bisa mengangkat pondasi rumah.
    Maka dirumahku sekarang udah ngga ada pohon sawo dan mangga yang pernah ditanam.

    ReplyDelete